Perluas Layanan Kepada Nasabah, BRK Syariah Resmikan 2 Kantor di Kabupaten Siak

Berita, Ekbis17 Views

SIAK – Kehadiran layanan perbankan di Kampung Belutu, Kecamatan Kandis, Kabupaten Siak, Riau memang sudah lama dinantikan masyarakat. Warga menyambut antusias dibukanya Kantor Kedai Bank Riau Kepri (BRK) Syariah di kampung tersebut. Wargapun kini tidak perlu lagi ke Kandis Kota untuk menabung uang mereka.

Seperti pengakuan Desi, warga setempat. Ia sebelumnya mengaku kesulitan saat menyimpan uang dari hasil jualannya. Ia khawatir terjadi hal-hal yang tidak diinginkan jika uang tersebut disimpan di dalam rumah.

Sementara untuk menyimpan uang ke bank perlu waktu senggang yang cukup banyak, karena kampungnya sangat jauh dari Kandis Kota.

“Adanya BRK Syariah ini sangat membantu. Apalagi saya pelaku usaha, biasanya kalau mau setor uang itu keluar kampung dulu, karena  mau ke bank itu cuma di Kandis dan akses jalannya sangat jelek. Sekarang sudah tidak perlu, lebih gampang dan lebih cepat serta tidak perlu lama meninggalkan usaha saya. Sekarang ini satu-satunya bank harapan kami untuk menyimpan uang. Semoga kampung ini menjadi lebih maju setelah ada BRK Syariah,” kata Desi, di sela peresmian kantor kedai BRK Syariah Belutu oleh Bupati Siak Alfedri, Jumat (8/3/2024).

Apa yang menjadi kebutuhan warga Kampung Belutu itu sudah lama diusulkan oleh Bupati Siak Alfedri kepada BRK Syariah dalam Rapat Umum Pemegang Saham. Kampung yang dalam waktu dekat ini akan pemekaran menjadi Kecamatan baru, sudah selayaknya dibangun bertahap sarana dan prasarana pendukungnya.

“Kami sangat mengapresiasi Manajemen BRK Syariah yang sudah mewujudkan usulan kami beberapa tahun lalu untuk membuka kantor layanan BRK Syariah di Kampung Belutu. InsyaAllah, setelah mendapat nomor registrasi dari Mendagri, Kampung ini akan dimekarkan menjadi Kecamatan Kandis Timur dengan ibukotanya Kampung Belutu,” kata Bupati Siak Alfedri dalam kesempatan yang sama.

Bupati Siak mengingatkan warganya untuk tidak lagi menyimpan uang di bawah bantal. Kehadiran bank yang selama ini ditunggu-tunggu telah nyata ada dan dapat dimanfaatkan. Banyak produk BRK Syariah yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha.

Dengan demikian perputaran ekonomi di kampung ini akan meningkat dan tabungan masyarakat akan semakin bertambah.

“Jadi semakin banyak warga menabung di BRK Syariah, maka akan semakin banyak juga keuntungannya untuk Kabupaten Siak ini. Karena Pemda Siak salah satu pemegang saham yang setiap tahunnya mendapatkan deviden dari keuntungan bank.

Deviden ini dapat digunakan untuk mendukung pembangunan di daerah, makanya jangan simpan uang di bawah bantal lagi, simpan saja di BRK Syariah,” tegas Alfedri.

Dalam kesempatan itu, Alfedri juga menyampaikan banyak Kecamatan lainnya yang cukup cepat perputaran ekonominya seperti Kecamatan Bungaraya, Pusako dan Kecamatan Sungai Mandau. Selain sawah, ada ribuan hektar kebun sawit produktif juga di kecamatan tersebut.

“Termasuk Belutu ini putaran ekonominya lebih kencang jika dibandingkan dengan Kecamatan Batin Solapan Kabupaten Bengkalis yang juga mayoritas perkebunan sawit. Sudah 19 miliar rupiah pembiayaan yang disalurkan di sini, jadi sekarang dapat uang dari hasil jual sawit, langsung tabungkan saja di BRK Syariah. Kalau butuh modal usaha juga bisa pinjam ke BRK Syariah,” kata Alfedri lagi.

Layanan bank hingga ke pelosok kampung sudah banyak dilakukan PT Bank Riau Kepri Syariah (Perseroda) atau yang lebih dikenal masyarakat dengan sebutan BRK Syariah.

Dengan komitmen memberikan layanan terbaik bagi nasabah dan menjawab apa yang menjadi kebutuhan nasabah, BRK Syariah kembali membuka 2 Kantor Kedai yang berada di Kabupaten Siak, pertama di Kampung Belutu Kandis dan yang kedua di Kecamatan Dayun.

“Ini bagian dari upaya kami memahami dengan lebih baik kebutuhan nasabah dan memberikan solusi perbankan terbaik sesuai prinsip syariah. BRK Syariah terus berkomitmen meningkatkan kualitas layanan guna memastikan kepuasan dan kemudahan bagi nasabah.

Dengan peresmian Kantor Kedai BRKS Siak Kampung Belutu dan Kantor Kedai BRKS Siak Dayun, diharapkan masyarakat semakin dapat merasakan manfaat dari beragam solusi perbankan yang ditawarkan oleh BRK Syariah,” ujar Direktur Pembiayaan Tengkoe Irawan.

Tengkoe juga berharap agar kehadiran BRK Syariah memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi di Kampung Belutu dan di Kecamatan Dayun.

“Bahwa peresmian Kantor BRK Syariah ini mempertimbangkan strategis bisnis bank untuk memahami dengan lebih baik kebutuhan masyarakat yang sebelumnya harus menempuh jarak jauh,” sambungnya.

Peresemian 2 Kantor Kedai BRK Syariah oleh Bupati Kabupaten Siak, Alfedri ini ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita bersama Direktur Pembiayaan BRK Syariah Tengkoe Irawan dan Komando Distrik Militer 0322/Siak, Letkol Arh Riyanto Budi Nugroho, M.Han..

Turut hadir dari BRK Syariah pada kesempatan tersebut Pemimpin Divisi Dekretariat Perusahaan, Pemimpin Bagian Divisi Perencanaan & Keuangan, Putra, Branch Manager BRKS Siak, Emy Pratama, Pemimpin Cabang Pembantu BRKS Siak Perawang, Hasbullah Hadi, Pemimpin Cabang Pembantu BRKS Siak Kandis, Radi Makna, Pemimpin Kedai BRKS Siak Minas, Hamdani, Pemimpin Kedai BRKS Siak Sabak Auh, Nanang Syahputra, Pemimpin Kedai BRKS Siak Kampung Belutu, Zulkifli, Pemimpin Kedai BRKS Siak Dayun, Dabrinus, Pemimpin Kedai BRKS Siak Sei.Apit, Ade.(*)