Penjelasan Kemenpora dan MNC Group Mengenai Aturan Nobar Indonesia Vs Uzbekistan

Nasional14 Views

Jakarta – Perdebatan tentang larangan nobar Indonesia Vs Uzbekistan di Piala Asia U23 2024 telah ramai di media sosial, khususnya di platform X yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter. Larangan ini dikeluarkan oleh MNC Group, yang merupakan pemegang hak eksklusif Piala Asia U23 2024 di Indonesia.

MNC Group menegaskan larangan tersebut dalam unggahan yang diposting oleh @GIBOLresmi pada Sabtu (27/4/2024). Dalam pernyataannya, MNC Group menyebutkan bahwa tanpa persetujuan mereka, segala kegiatan terkait siaran Piala Asia U23 2024, termasuk nobar, dilarang dilaksanakan. Ancaman sanksi pidana dan denda sesuai undang-undang akan diberlakukan bagi pelanggar aturan tersebut.

Namun, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memberikan penjelasan terkait masalah ini. Sekretaris Kemenpora, Gunawan Suswantoro, menyatakan bahwa masyarakat tetap diperbolehkan menggelar nobar Indonesia Vs Uzbekistan selama kegiatan tersebut tidak dikomersialkan. Kemenpora bahkan akan menggelar nobar sebagai bentuk dukungan kepada Timnas Garuda Muda.

Di sisi lain, Corporate Secretary MNC Group, Syafril Nasution, membantah adanya larangan nobar yang dikeluarkan oleh pihaknya. Dia menjelaskan bahwa MNC Group memperbolehkan nobar selama kegiatan tersebut tidak dikomersialkan. Komersial di sini merujuk pada pengutipan biaya atau penerimaan sponsor dan iklan dari pihak lain.

MNC Group mengimbau pihak penyelenggara nobar untuk mendaftar ke mereka, sehingga dapat dipantau dan diawasi. Direktur Programming RCTI, Dini Aryanti Putri, menegaskan bahwa pendaftaran penyelenggaraan nobar tidak dipungut biaya alias gratis.

 

Sumber : Kompas.com