Bisakah Orang Hidup Dengan Satu Ginjal Dengan Normal?

Lifestyle17 Views

Ginjal merupakan organ yang berada di bagian bawah tulang rusuk belakang tubuh manusia. Walaupun hanya berukuran layaknya satu kepalan tangan, ginjal merupakan bagian tubuh yang sangat penting dan wajib dijaga.

Bagaimana tidak? Apabila ginjal mengalami kerusakan atau gangguan, organ tubuh lain akan merasakan dampaknya. Maka dari itu, simak informasi seputar kesehatan fungsi ginjal dan cara menjaganya berikut ini!

Fungsi Ginjal yang Perlu Diketahui

Fungsi utama organ tubuh ini adalah membersihkan darah dari senyawa beracun pada tubuh sebelum akhirnya dialirkan ke seluruh tubuh. Setelah itu, segala hal yang perlu dibuang tersebut kemudian dikeluarkan melalui urin.

Bukan hanya itu, ginjal juga berperan menghasilkan berbagai hormon yang membantu produksi sel darah merah eritropoietin dan vitamin D untuk menjaga kesehatan tulang. Tidak hanya itu, sel darah merah eritropoietin juga berfungsi untuk mengatur tekanan darah.

Lantas bagaimana jika manusia hanya hidup dengan satu ginjal?

dr Akhmad Maulana, Sp.U menuturkan dalam akun Twitter pribadinya @akhadam77 mengatakan Allah menciptakan dua ginjal yang mana ketika satu ginjal berhenti bekerja, rusak, atau bahkan diambil, maka ginjal sebelah bias mengkompensasi kerja dua ginjal. Dengan syarat ginjal yang tersisa normal

“Saya punya pasien anak gadis saat umur 10 tahun saya angkat ginjal sebelahnya karena bengkak dan rusak. Alhamdulillaah anak tersebut bisa hidup sehat dan normal. Walau harus rajin minum air dan jangan olahraga berat,” tulisnya Kamis 13 Juli 2023.

Lanjut dr Akhmad, setiap tahun anak tersebut melakukan kontrol untuk mengetahui kondisi ginjalnya.

“dan saya periksa USG untuk tahu kondisi ginjal yang tersisa serta cek fungsi ginjal. Alhamdulillaah dia tetap sehat hingga sekarang berusia 20 an tahun,” tuturnya.

Lalu pertanyaan lainnya, Apakah orang yang gagal ginjal dan harus cuci darah ginjalnya satu?.

dr Akhmad menegas orang yang gagal ginjal dan harus cuci darah ginjalnya masih tetap dua.

“pasien-pasien yang gagal ginjal mayoritas ginjalnya dua. Namun sudah rusak. Sehingga walau punya dua ginjalnya tidak bisa bekerja dengan baik karena sudah rusak keduanya,” sebutnya.